RSS

aviv geffen

Aviv geffen (lahir 10 Mei, 1973) adalah musisi rock, penyanyi,produser, keyboardis, dan gitaris asal israel. dia adalah putra dari penulis dan penyair Yehonathan geffen dan Nurit makover, mempunyai kakak bernama shira geffen dan lulusan sekolah musik Rimon jurusan Jazz dan kontemporer.

Geffen sangat populer diantara para pemuda israel, yang kemudian pada tahun 1990an disebut "moonlight children",secara politik menganut politik sayap kiri, isi dari musiknya selain seputar cinta dan perdamaian, tetapi juga tentang kematian, bunuh diri, militer, dan penolakan untuk melayani negara, dia juga menjadi seseorang yang kontroversial karena penolakannya untuk bergabung dengan IDF, walaupun secara umum dia tidak bisa ikut karena faktor kesehatan.

Aviv tampil selalu dengan membawa bandnya yang bernama "the mistakes"(hatauyot), dengan penampilan perdana membawakan lagu berjudul cloudy now (Achshav Meunan), sebuah lagu yang kemudian menjadi ikon musiknya, dan 12 tahun kemudian baru diterjemahkan kedalam bahasa inggris untuk proyek blackfield, pada tahun 1990 dia membuat rekaman lagu pertamanya bertajuk friend (Chaver), bersama dengan band "cats in the pipping". pada tahun 1991, dia mengeluarkan album pertamanya, "that's only the moonlight" (Ze Rak Or Hayareach). semua lagu didalamnya ditulis dan diaransemen oleh aviv sendiri. Achsav meunian adalah judul album kedua geffen, yang dirilis pada tahun 1993 dan meraih Gold pada tahun yang sama. album tersebut di produseri oleh Moshe levi dan ofer meiri. aviv meng ekspresikan ke-kecewa-an generasinya pada pemerintah. lagunya yang berjudul cloudy now kemudian di ikuti oleh sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh kaum muda israel - "Do you want change?"

sebagai seorang aktivis politik, geffen juga menggambarkan harapannya akan perdamaian pada negara2 tetangga israel.
pada tanggal 4 november 1995, partai perdamaian israel mengadakan kampanye untuk mendukung proses perdamaian. aviv diundang untuk turut serta dalam kampanye tersebut, dan secara mengejutkan dia memilih untuk menyanyikan cry for you (livkot lecha), yang mana lagu tersebut didekasikan untuk temannya yang sudah meninggal, yang kemudian diketahui lirik lagu tersebut seakan akan menandakan kejadian pembunuhan perdana menteri yzak rabin oleh seorang ekstrimis yahudi pada malam itu juga. cry for you kemudian menjadi sebuah lagu yang menyimbolkan the candle children movement. pada tahun 1996 aviv mengeluarkan lagu berjudul letter (hamiktav). The Tears Rebellion (Mered Hadmaot) ditulis setelah kejadian pembunuhan pada tahun 1995 yang menggambarakan perubahan pada gaya bermusik aviv, pada tahun 1996 aviv membuat rekaman lagu yang berjudul Let's Walk For The Dream (Shir Tikva), yang mengekspresikan tujuan aviv yang paling mendasar.

diskografi
album solo
1992 - "Ze Rak Or Hayareach" ("It's Only The Moonlight")
1993 - "Ahshav Meunan" ("It's Cloudy Now")
1994 - "Aviv Geffen III"
1995 - "Shumakom" ("Nowhere")
1996 - "HaMihtav" ("The Letter")
1997 - "Hayareach Malee" ("Full Moon")
1998 - "Halulim" ("Hollows")
1999 - "Leyloth Levanim" ("White Nights")
2000 - "Yoman Masah" ("Travelogue")
2002 - "Memento Mori" ("remeber the death")
2006 - "Im Hazman" ("With The Time")
2006 - "Rak Shirey Ahava" ("Love Songs Only")

single solo yang tidak pernah dimasukkan kedalam album
1991 - "Haver" ("Friend")
1999 - "Rock and Roll"
2000 - "Kmo BaShir" ("Like in The Song")
2001 - "Geshem Kaved Omed Lipol" (Hebrew version of Bob Dylan's "A Hard Rain's a-Gonna Fall")

dengan Blackfield
2004 - Blackfield
2007 - Blackfield II

kerjasama dengan musisi lain
1993 - Keren Hachth, album "Keren Hachth"
1999 - Rockfour, album "Rockfour Live"
2001 - Porcupine Tree, album "In Absentia"
2002 - Daniel Salomon, album "Daniel Salomon", (juga sebagai

produser)
2003 - Shachar Even-Tzur, album "Eyrumim" ("Naked"), (juga sebagai produser)
2005 - Daniel Salomon, album "Rabot HaDrachim", ("There's ManyWays")
2006 - Ninette Tayeb, album "Yehefa" ("Barefoot"), (juga sebagai produser)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment