RSS

SSH Tunnelier

wah.... ampun deh,, kemaren ada temen nyodorin tunnelier,.... apa itu tunnelier? cara kasarnya tunnelier berfungsi untuk meneruskan port (port forwarding) melalui server tertentu karena pc kantor sudah di banned menggunakan port tertentu mis. 80,8080,81,3128 maka disini tunnelier berfungsi sebagai penjembatan agar pc tetap terkoneksi ke internet selama port yang digunakan si server tidak diblock oleh sang admin jaringan kantor,, biasanya tunnelier bekerja di ptotokol SSH,,, eh ini pengertian menurut noufalz:
SSH sering digunakan sebagai remote login sebagai pengganti telnet yang keamanan nya dianggap kurang secure karena data yang lewat telnet tidak terencript atau melalui plain text sehingga bisa di baca langsung oleh mata kita,
beda dengan SSH yang data masuknya terencript.sehingga aman dari serangan packet sniffing(walau ga 100%aman),
SSH tunneling bisa dibilang sebuah trik untuk menembus berbagai macam firewall ataupun proxy.dengan cara penerusan port(tunneling) tcp dan koneksi X11 .dengan syarat port yg kita gunakan untuk melakukan SSH tunnel tidak di blok oleh ISP atau admin jaringan di kantor.

menurutku hal yang paling sulit adalah mendapatkan akun server ssh gratis (karena kebanyakan server ssh berbayar karena digunakan oleh perusahaan tersebut secara sistematis dan tidak disebarluaskan karena unsur keamanan dan stabilitas e.g: telnet di telkom untuk mengetahui print out pelanggan telkom, telnet di bank untuk transaksi....dll).

cara konfigurasi tunnelier amat mudah, tinggal isi server di tab login beserta user dan password, di tab option-on login cek hanya di open terminal, trus guna mengaktifkan fungsi sock proxy di tab service centang enable http/sock 127.0.0.1 dan portnya 1080,, terakhir set di aplikasi di proxy sock5/4 127.0.0.1 port 1080
udah kelar, cuman segindang doank, hehehe

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Mahisa Ajy Kusuma said...

softwarenya ada ga gan?

Post a Comment