RSS

Big fish

Big fish

Big Fish menceritakan seorang bapak yang gemar sekali bercerita tentang pengalaman hidupnya. Ceritanya dijadikan sebuah dongeng kepada anak laki-laki satu-satunya menjelang dia tidur. Hal ini terus berlanjut sampai anaknya dewasa dan bercerita juga kepada orang-orang ada yang ada di sekitarnya.
Sayang sekali cerita pengalaman hidup Ed Bloom (Albert Finney) ini justru dari awal tidak disukai oleh sang anak, Will Bloom (Billy Crudup). Will merasa aneh mendengar cerita ayahnya tersebut. Menurutnya, apa yang diceritakan bukan sebuah pengalaman hidup namun hanya boongan belaka. Terlalu dibuat-buat dan berlebihan.
Ketidaksukaan ini akhirnya membuahkan perdebatan antara Will dan ayahnya. Will mengungkapkan kekecewaan atas kelakuan ayahnya yang suka membual di hadapan orang banyak. Disisi lain, ayahnya tidak terima dikatakan mengarang cerita pengalaman hidupnya. Itu adalah memang benar cerita-cerita pengalaman hidupnya bukan boongan belaka.

Semenjak adanya perdebatan itu hubungan ayah dan anak jadi merenggang. Walaupun Will sudah berkeluarga dan tinggal jauh dari orang tuanya namun tidak ada kontak atau komunikasi antara Will dan ayahnya. Kalaupun ada hanya sebatas kepada ibunya seorang. Ed juga begitu, walaupun sebagai seorang ayah akan tetapi jarang menanyakan kabar anaknya.



Edward Bloom memang adl seorang manusia yg imajinasi dan ambisinya jauh lebih besar dr fisiknya, tapi dia tetap adl seorang manusia biasa. Sebuah ikan besar (big fish) di kolam yg terlalu kecil. Dia tdk ingin hidupnya biasa-biasa saja di kota kecil Ashton tempat dia tinggal. Dia selalu bercerita bagaimana semasa hidupnya mengalami petualangan yg fantastis, mistis, surreal dan larger than life dr mulai bagaimana ia mampu menangkap catfish berukuran raksasa tapi harus dilepasnya krn nyaris kehilangan cincin kawinnya, bertemu dgn seorang penyihir wanita bermata gelas (Helena Bonham Carter) yg bisa memperlihatkan bagaimana ia akan mati kelak, menyelamatkan kota Ashton dr seorang manusia raksasa dan berteman dengannya, secara tdk sengaja masuk ke sebuah kota bernama Spectre krn mengikuti the road less traveled, Bertemu dgn calon istrinya di suatu pertunjukan sirkus

dan bekerja di tempat tsb utk mengetahui lebih banyak calon istrinya tsb tanpa dibayar krn yakin bahwa dia sudah ditakdirkan utk menikah dgnnya. Lalu bagaimana dia juga bertemu dgn orang-orang larger than life lainnya spt seorang manusia werewolf pemilik sirkus (Danny DeVito), pujangga Norther Winslow yg menjadi perampok bank (Steve Buscemi), kembar siam yg menyelamatkannya saat tugas perang, dan lainnya.
William yg dia sendiri juga akan segera punya anak dr istrinya Josephine berusaha utk berkomunikasi kembali dgn ayahnya yg sakit. Will menyusun dan merekonstruksi kembali cerita-cerita ayahnya dan mencari fakta yg ada diantara tumpukan dan peninggalan barang-barang ayahnya utk mencoba mengenal ayahnya lebih dalam lagi dan berekonsiliasi. Dan Will menemukan suatu nama yg bisa membantunya memberikan informasi yaitu Jennifer Hill (Helena Bonham Carter) yg meskipun di film ini tdk tampil banyak tapi perannya sangat penting. Dr sinilah Will mulai bisa mengerti. Dan, bentuk cinta tertinggi yg tulus yg bisa diberikan seseorang pd orang lain, terutama seseorang pd his/ her loved ones, adl forgiveness. Kesediaan utk memaafkan dan menerima apa adanya. Ironis bahwa kadang-kadang kita baru bisa berbicara mengungkapkan isi hati setelah orang yg ingin kita ajak bicara sudah tidak lagi bisa "mendengarkan", spt yg sempet diungkit di menjelang akhir film ini.

Di akhir film semuanya menjadi jelas, kenapa sang ayah menceritakan ceritanya pada anaknya dsb. sebuah ending yang begitu seru, aku teringat film ini setelah menonton film click, yang juga memepunyai cerita tentang keluarga,... what a wonderfull story...

URL: http://parabola.bplaced.net/item/2009/06/big-fish

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment