RSS

revolusi hitam putih

sudah lama saya tidak posting sesuatu yang segar, hehe, karena kesegaran itu bay*resh, cekikiki, oke di penghujung februari 2012 ada dua buah tower wifi baru yang menyediakan langganan wifi, ya nebeng akun punya sekolah deh, dan lumayan stabil, adapun kisaran tarifnya antara 60 s/d 75.000 untuk 128kbps dan 100.00 untuk 256kbps dan 140.000 untuk 384kbps, sedangkan saya mencoba yang 128kbps aja, dan lumayan stabil, bisa buat calling ym, fb lancar, streaming radio dll, beda jauh dengan telkomsel yang katanya upto 234kbps, hihi tapi lemot banget. nah itu salah satu revolusi putihnya, sedangkan ada revolusi hitam.

pada suatu kesempatan, saya mendapatkan cd linux mint debian edition, dan jadilah di install di pc rumah, setelah sang cd kebingungan dengan master dan slave antara hdd dan cdrom, jadilah utak atik BIOS, mpe bisa juga installnya, ternyata sudah lengkap all in one, bisa buat muter lagu, video, vga udah kedetek, flash jalan, office semuanya udah bisa jalan out of the box (tapi mulai kemaren ada error, drivernya entah kenapa seperti tidak terinstall, jadi sepertinya ini distro kurang stabil di pc jadul). dan muncullah keinginan saya untuk install di laptong kesayangan, karena partisinya ada 4 dan kepake semua, iseng2 jalan-jalan ke drive manager, trus buat partisi baru, tengtong ternyata semua partisi jadi dinamic dan gabisa booting (oke mulai panik) trus jadilah pakai recovery, tapi saat melakukan fdisk ternyata salah ketik clean, jadilah itu isi hardisk ilang semua, huaaaaahhhhhh, dan install deh si linux mint debian edition, dan dimulailah petualangan dengan si mint:
1. vga tidak terdeteksi
2. baterai ada anomali so far tidak terdeteksi
3. touchpad terdeteksi sebagai mouse
4. setelah vga terinstall (pakai catalyst) kadang setelah bootscreen layar langsung mati, dan musti switch mode terminal dan mode window vice versa.
5. Bluetooth pernah saya matikan sekali tapi sampai sekarang tidak bisa dihidupkan
6. dependencies broken banyak sekali, trus cara memperbaikinya harus update, alamak, ratusan mb... ga kuat koneksi saya.
7. mau install wine sampai sekarang tidak bisa, huhuhu....
8. install playonlinux apalagi
9. kamera webcam tidak terdeteksi
10. nyari connectify di linux ga ada ya?
11. apalagi ya? ah masih banyak sepertinya tapi saya lupa.

jadi kesimpulannya:
bagi kalian yang sedang memilah milih sistem operasi, ada dua hal yang patut diperhatikan:
1. internet
2. kemudahan.

kalau tidak punya internet mumpuni, jangan pernah install linux dan turunannya, bahkan linux yang gendut aplikasi saja masih membutuhkan internet untuk ini itu, trus yang tidak mau repot, mending pakai windows atau mac saja, yup, ada harga ada rupa berperan penting disini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment